Jajanan Khas Indonesia

Kue Putu sebuah makanan/kue yang sudah pasti banyak orang indonesia tau dan saya yakin kue putu hanya ada di indonesia karena asalnya dari indonesia kalo mungkin ada yang jualan di luar negri saya rasa ini pasar yang bagus karena di luar negri pasti belum ada yang jualan kue putu deh.

http://www.genksukasuka.com/2012/09/makanan-khas-indonesia-kue-putu.html

Baru tau singkatan kue PUTU, awalnya dari isengnya teman saya beberapa bulan silam lagi ngumpul tepatnya sih sebelum puasa Ramadhan tahun ini, karena orangnya yang suka blak-blakandan suka becanda sebagai faktor pendukungnya keluar pertanyaan keingin tahuanya tentang arti dari kue putu itu keluar. Tapi kenapa baru kali ini saya posting satu kata saja #lupa. Melanjutkan arti kata dari kue putu ini.

Kue Putu apasih yang dimaksud dengan kue putu pasti pengen tau kan atau sudah tau yang sudah tau biarlah berlalu yang belum tau sini tak kasih tau hehe, okelah berdasarkan sumber dari tukang jualan kue PUTU secara langsung dalam obrolan #sukasuka beberapa bulan yang lalu berikut adalah deskripsi dari kata “PUTU” masih bersumber dari 1 sumber (penjual kue putu) :

P = Perusahaan
U = Umum
T = Tenaga
U = Uap

Disingkat menjadi “PUTU” dan jadilah namanya kue putu seperti yang kita kenal saat ini, dan saya yakin masih banyak juga yang belum ngeh akan nama kue putu itu sendiri.

Bagi yang baru tau pasti ekspresinya langsung terkaget, wah dan wow pastinya sebuah ekspresi yang pernah juga saya lakoni karena tercengang tak pernah dipikirkan dalam hati sebelumnya apalagi menebak-nebak apa itu kue PUTU. Selama ini taunya kue putu itu hanyalah terbuat dari tepung beras kemudian isinya gula merah atau gula jawa dan di taburi kelapa parut dan di kukus begitu dengan uap, yang menjadi ciri khas penjual kue putu itu ada (bunyinya yang khas seperti suara sanyo, pompa air) hanya beberapa menit langsung jadi.

Dan anehnya arti kata dari kue putu sendiri seperti yang saya jabarkan tidak ada di media wikipedia indonesia disana hanya menjelaskan bahwa kue putu itu adalah makanan dengan bahan ini ada ini dan itu sedangkan kue putu yang berasal dari daerah bagian indonesia mana juga tidak saya temukan saat saya berkunjung di 06/09/12 jam 14:03.

Tinggalkan Balasan

